Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) dari Masa ke Masa

Senam merupakan suatu kegiatan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik. Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) awalnya adalah program di masa pemerintahan Presiden Soeharto sejak masa orde baru. Sejak saat itulah di sekolah-sekolah dasar (SD), kita sering melakukan kegiatan senam.

Biasanya, senam dilakukan pada hari jumat atau sabtu pagi sebelum murid-murid melakukan kegiatan belajar mengajar. Tidak cuma itu, bahkan senam kesegaran jasmani ada perlombaan nya tersendiri. Dulu, saat kita sekolah dasar biasanya ada guru yang mencari murid yang gerakan senamnya bagus. Dari situ biasanya kita di ajak ikut perlombaan di tingkat kecamatan.

Saat-saat itu, bagi anak yang "sudah hafal" gerakan senam, mereka sangat antusias untuk bisa ikut perlombaan. Tapi, bagi anak yang "kurang hafal" di audit oleh guru adalah hal yang paling menakutkan, apalagi sampai diajak ikut perlombaan.

Ada berapa macam sih senam SKJ? Penasaran kan? Berikut beberapa klip video SKJ yang kita embed dari beberapa youtube channel.

1. Senam Kesegaran Jasmani Tahun 1984 (SKJ '84)

2. Senam Kesegaran Jasmani Tahun 1988 (SKJ '88)

3. Senam Kesegaran Jasmani Tahun 1992 (SKJ '92)

4. Senam Kesegaran Jasmani Tahun 1994 (SKJ '94)

5. Senam Kesegaran Jasmani Tahun 1996 (SKJ '96)

6. Senam Ayo Bersatu

7. Senam Indonesia Jaya

8. Senam Indonesia Sehat

9. Senam Ria Anak Indonesia (SRAI)

10. Senam Ria Indonesia Baru (SRIBU)


-

Itulah tadi beberapa Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) dari masa ke masa. Jadi, kalian sekolah SD di jaman SKJ yang mana nih? Tulis di komentar ya.
Baca juga :
writer, content creator, social media enthusiast, nostalgia addict.

Posting Komentar

© 2016- nostalgiaan. All rights reserved. Developed by Jago Desain