Kebiasaan Saat Lebaran yang Sudah Tergantikan

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Taqaballahu Minna Wa Minkum Shiyamana Wa Shiyamakum, Setelah sekian lama kita berpuasa menahan segala hawa nafsu, alhamdulillah akhirnya kita bisa bertemu kembali di hari yang fitri. hari dimana semua umat muslim di dunia merayakan dengan penuh suka cita.

Momen lebaran menjadi momen nostalgia bagi sebagian orang termasuk saya, yang dari tahun ke tahun banyak kenangan indah yang didapat. lain dulu lain sekarang, banyak sekali perbedaan momen lebaran di tahun 90-an atau 2000 awal dengan sekarang, banyak juga yang sudah tergantikan dengan teknologi masa kini.

Apa saja sih Kebiasaan Saat Lebaran Yang Sudah Tergantikan? Mari kita simak!

1. Takbiran Tradisional vs Takbiran Modern


Dulu banyak sekali anak-anak keliling kampung untuk menyerukan takbir atau yang kita kenal dengan "takbiran" sambil membawa obor bambu yang menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakarnya, kalau sekarang obor sudah tergantikan dengan "lightstick" yang memang lebih efektif menggunakannya. 

2. Kartu Ucapan Lebaran vs Instant Messaging


Anak-anak tahun 90an sering menggunakan kartu ucapan lebaran sebagai tanda permintaan maaf, namun di jaman sekarang kebanyakan orang sudah meninggalkan budaya tersebut dan lebih memilih "instant messaging" atau perpesanan instan seperti Line, Whatsapp, Skype, dll.

3. Salaman vs Selfie


Bersalaman setelah menunaikan shalat ied sudah menjadi kebiasaan orang-orang jaman dulu dan sudah menjadi kewajiban, beda dengan jaman sekarang ini, setelah menunaikan shalat ied banyak yang ber-selfie ria untuk mereka posting di sosial media.
Baca juga :
writer, content creator, social media enthusiast, nostalgia addict.

Posting Komentar

© 2016- nostalgiaan. All rights reserved. Developed by Jago Desain